Istilah/Akronim
|
Keterangan
|
Admin Kelas
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS
|
Coorporate Social
Responsibility (CSR)
|
Tanggung jawab sosial dari
perusahaan yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring
|
Dapodik GTK
|
Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK
|
Daring
|
Dalam jaringan (internet) / online
|
Difabel
|
Orang yang memiliki kebutuhan
khusus
|
Ditjen GTK
|
Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan
|
Efektifitas
|
Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target
|
Admin Kelas
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS
|
Coorporate Social
Responsibility (CSR)
|
Tanggung jawab sosial dari perusahaan
yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring
|
Dapodik GTK
|
Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK
|
Daring
|
Dalam jaringan (internet) / online
|
Difabel
|
Orang yang memiliki kebutuhan
khusus
|
Ditjen GTK
|
Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan
|
Efektifitas
|
Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai
|
Effect size
|
Besarnya pengaruh proses
pembelajaran terhadap capaian hasil belajar
|
E-portfolio
|
Wadah di dalam LMS yang
digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas
|
Guru Pembelajar moda
daring kombinasi
|
Model pembelajaran bagi guru
secara daring dan tatap muka
|
Guru Pembelajar moda
daring
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring
|
Guru Pembelajar moda
daring – Model 1
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu
|
Guru Pembelajar moda
daring – Model 2
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan
mentor secara daring
|
Guru Pembelajar (GP)
|
Program pembelajaran bagi
guru sebagai salah satu peningkatan kompetensi
|
Interaksi asynchronous
|
Interaksi yang terjadi pada
waktu yang tidak bersamaan
|
Interaksi synchronous
|
Interaksi yang terjadi pada
waktu yang bersamaan
|
KCM
|
Kriteria Capaian Minimal
|
Komunitas Pembelajar
|
Sekelompok guru yang
melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui
diskusi, berbagi informasi,
berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar
|
Konstruktivisme sosial
|
Teori belajar yang memandang
bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial
|
Koordinator Admin
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin
keberlangsungan pelaksanaan Guru Pembelajar moda daring
|
Learning Management
System (LMS)
|
Sistem manajemen pembelajaran
secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard
|
Log activity
|
Rekaman kegiatan dalam sistem
|
Luring
|
Luar jaringan (internet) /offline
|
Mentor
|
Guru yang membimbing peserta
dalam Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
Pengampu
|
Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur
yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam Guru
Pembelajar moda daring
|
Peserta
|
Guru yang menjadi peserta
Guru Pembelajar
|
PKG
|
Penilaian Kinerja Guru
|
Pusat Belajar (PB)
|
Tempat kegiatan pendampingan
dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada Guru Pembelajar moda daring
kombinasi
|
Refleksi
|
Memikirkan ulang dan
menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor
pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses
belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan
rencana aksi tindak lanjut pembelajaran
|
Relevansi
|
Kaitan atau hubungan antara
kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat
kerja
|
smiley face
|
Instrumen untuk mengukur
reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”
|
Surel
|
Surat elektronik yang biasa
dikenal dengan email
|
Tagihan
|
Seluruh tugas yang harus
diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah
dan dibagikan ke pengampu dan atau
mentor, tes sesi dan tes
akhir.
|
t-test
|
Uji statistik (parametrik) berdasarkan
perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir,
untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses
pembelajaran
|
UKG
|
Uji Kompetensi Guru
|
UPT
|
Unit pelaksana teknis
mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan Guru Pembelajar moda
daring
|
Sumber:
Kemdikbud. 2016 Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Moda Daring. Jakarta: Direktur Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan
Demikian postingan saya kali ini,
semoga bermanfaat khususnya bagi rekan guru calon guru pembelajar. Wassalam!
No comments:
Post a Comment