Recent Posts

Friday, July 10, 2015

Jenis dan Manfaat Tanaman Apotik Hidup



Tanaman Obat Keluarga atau disingkat dengan TOGA merupakan tanaman yang berfungsi untuk membantu dalam menjaga, mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan jenis obat ini dapat dikembangbiakan dengan cara penanaman metode apotik hidup yang memanfaatkan pekarangan sempit. Obat tradisional yang dihasilkan dari tanaman obat pada umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat kimia tertentu buatan pabrik. Oleh karena itulah sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat tradisional yang dihasilkan dari tanaman.


Dengan tersedianya apotik hidup disekitar kita, tentunya akan sangat membantu ketika tiba-tiba salah satu anggota keluarga atau tetangga kita terkena sakit, tanaman TOGA bisa dijadikan alternatif pertama untuk mengobati penyakit. Misalkan seseorang mengalami batuk ringan, jahe dan kunir bisa menjadi salah satu alternatif pencegahan bahkan pengobatan sebelum tindak lanjut pemeriksaan ke dokter. Ini juga akan sangat bermanfaat untuk mengurangi biaya kesehatan.

Menurut sumber yang saya baca dari berbagai artikel, banyak tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman apotik hidup. Selain sebagai obat, tanaman kategori apotik hidup mempunyai banyak manfaat bisa sebagai bumbu dapur ataupun sebagai tanaman pagar. Berikut akan saya paparkan sebagian jenis  dari tanaman apotik hidup.
1.   Belimbing wuluh









Bermanfaat untuk menyembuhkan gusi berdarah, obat gondongan, obat rematik, obat sariawan, obat sakit gigi, obat pegal linu, obat penghilang panu.

2.   Beluntas
    



\



Daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare serta mengobati sakit kulit.

3.   Kumis Kucing









Bermanfaat sebagai obat memperlancar pengeluaran air kemih, penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

4.    Jahe











Jahe digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan dan minuman. Jahe juga digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional.

5.   Sirih Merah








Bermanfaat menyembuhkan penyakit diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, hipertensi, keputihan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

6.   Mahkota Dewa








Berkhasiat sebagai detoksifikasi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kadar gula darah, anti radang, mencegah pertumbuhan kanker, menurunkan asam urat.

7.   Kunyit Putih











Berguna untuk menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker, mengatasi masuk angin, mengatasi gangguan pencernaan.

8.   Jarak










Bermanfaat menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki dan luka berdarah. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik. Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk  mengatasi perut kembung pada anak.




Sumber: http://www.tanamanobat.net/jenis-tanaman-obat-lengkap-dengan-manfaatnya/
              http://johansanjaya.blogspot.com/2014/11/tanaman-apotik-hidup-jenis-dan_5
     http://kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.com/2014/10/berbagai-tanaman-   bermanfaat-yang-dapat.html

No comments: