Recent Posts

Saturday, January 29, 2022

Kelebihan dan Kekurangan Metode Tanya Jawab

 

Sumber gambar: https://faiqotulmagfiroh.blogspot.com/

Metode tanya jawab diartikan sebagai cara mengajar yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah (two way traffic) secara langsung antara guru dengan murid. Dalam hal ini, guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan murid memberikan jawaban. Murid juga dapat diberi kesempatan bertanya untuk selanjutnya dijawab oleh sang guru.


Metode tanya jawab ditandai adanya interaksi aktif antara guru dengan muridatau terciptanya hubungan saling timbal balik di antara keduanya. Jadi, dapat dikatakan bahwa metode tersebut berguna meningkatkan minat dan gairah murid dalam mengikuti proses pembelajaran. Melalui komunikasi aktif dengan guru,murid dapat memanfaatkan momen ini untuk menambah ilmu pengetahuan. Di sisi lain, guru dapat memanfaatkan situasi ini untuk memberikan pemahaman maksimal kepada murid agar dapat menyerap materi yang disampaikan.

1. Kelebihan Metode Tanya Jawab

Guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan metode tanya jawab dipandang berhasil menjadi sosok profesional dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Energi guru juga tidak terkuras secara berlebihan atau sia-sia akibat kurangnya perhatian dan penguasaanmateri dari murid. Adapun para murid dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat. Bahkan, murid dapat menyimpan hasil dari interaksi di dalam memorinya dalam waktu lama.

Melalui metode tanya jawab, baik guru maupun murid merasakan manfaat yang sangat besar, khususnya dalam mencapaikeberhasilan pembelajaran. Metode tanya jawab dapatdigunakan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan atau pemahaman murid serta mengevaluasi materi yang sudah disampaikan.

Pada metode tanya jawab, guru mengajarkan murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar-mengajar,yakni dengan cara menentukan perhatian murid terhadap masalah yang akan dibahas. Metode ini sangat menentukan proses berpikir murid. Sebab, pertanyaan yang diberikan dapat membantu murid menentukan jawaban terbaik.Dengan demikian, murid akan secara mandiri mengembangkan pola pikir dan belajar secara aktif.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan metode tanya jawab dalam menjelaskan materi pelajaran.

1.      Memberikan kesempatan kepada murid untuk menerima penjelasan lebih lanjut tentang materi yang dianggap  belum jelas. Dengan demikian, guru dapat mengetahui kemajuan murid dalam hal penguasaan materi.

2.   Pertanyaan-pertanyaan yang cukup sulit dan berkualitas  dari murid dapat mendorong guru untuk memahami materi secara lebih mendalam dan mencari sumber informasi lebih lanjut. Dengan demikian, guru tidak menganggap dirinya paling berkuasa atau tahu segalanya di dalam proses pembelajaran.

3.  Tanya jawab merupakan teknik yang efektif serta memiliki nilai positif dalam melatih murid agar berani mengemukakan pendapat melalui lisan secara teratur. Hal ini akan mendorong murid untuk lebih aktif dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

2.Kelemahan Metode Tanya Jawab

Dibalik kelebihan yang melimpah metode tanya jawab juga tidak luput dari beberapa kelemahan. Pertama, memakan waktu lebih banyak dibanding metode ceramah. Dengan tanya jawab, jalannya pelajaran terasa lebih lambat sehingga menyebabkan materi tidak dapat diselesaikan secara tuntas sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Kedua, memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat antara guru dan murid. Hal ini disebabkan perbedaan pengalaman antara guru dan murid. Perbedaan pendapat ini dikhawatirkan dapat menimbulkan rasa saling tidak suka di antara keduanya. Kondisi tersebut tentu saja berdampak buruk pada jalannya komunikasi selanjutnya. Bahkan, bukan tidak mungkin terjadi penyimpangan dari pokok bahasan akibat adanya kesalahan interpretasi antara si penanya dengan orang yang menjawab pertanyaan.

Ketiga, tanya jawab dikhawatirkan menimbulkan penyimpangan perhatian murid. Hal ini terjadi apabila terdapat jawaban yang kebetulan menarik perhatian murid. Padahal, sebenarnya jawaban tersebut bukanlah pokok masalah atau sasaran yang hendak dituju.

Nah, demikian penjelasan kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar di kelas, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

 

Sumber Pustaka:

Setyanto, N. Ardi. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press

2 comments:

nalaria.com said...

semakin terdepan

Pendidikan anak said...

Kalo boleh tau yang bagus itu apa ya kak?