Recent Posts

Saturday, November 21, 2015

Cara Membuat Desain dan Tombol Navigasi Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint

Agar proses belajar mengajar di kelas lebih interaktif maka dapat dibuat media pembelajaran interaktif salah satunya dalam bentuk powerpoint. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat desain templete yang sederhana tapi menarik dan tombol-tombol navigasi.
Desain ini sudah pernah saya ikutkan lomba pada Gebyar TIK 2015 di Provinsi Kalimantan Selatan dan berhasil mendapatkan juara 3. Langsung saja simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Cara pertama masuk ke progam powerpoint, saya menggunakan powerpoint 2010 maka akan muncul blank slide seperti gambar berikut.













2. Klik design kemudian pilih flow (yang berwarna biru) seperti gambar berikut












3. Langkah selanjutnya klik insert àshapesàRectanglesàRound single corner rectangle.Atur besarnya letakkan di slide yang di buat tadi kemudian pilih format àshape styles pilih warna style 8 untuk lebih jelas lihat gambar berikut. 



























4. Klik insert à shapesà rounded rectangle, impitkan ke bentuk shapes di atas (yang berwarna abu-abu) pilih formatàsubtle effect, black-dark 1



























5. Selanjutnya dengan memilih insertàtext box kemudian tulis media pembelajaran interaktif. Pilih kembali insertà text box kemudian tuliskan judul materi (Sistem peredaran darah manusia). Pilih insertà text box tulis SDN Ilung. Untuk memilih bentuk hurufnya pilih formatà text effectàtransformàwarpà fade right.  Atur sedemikian sehingga tampil seperti gambar berikut.















6. Cara membuat tombol menu navigasi. Klik insertà shapes àrectangleàrounded rectangle. Atur panjang dan lebarnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk memilih warna klik format pilih subtle effect,turquoise-accent 2. Lihat gambar berikut:












7. Setelah selesai, untuk mempercantik tampilan tombol navigasi masukkan gambar yang diambil dari internet  dan beri nama tombol misalnya home dengan klik kanan edit text  tulis HOME. Agar tombol navigasi terlihat lebih hidup klik effect bevel dan pilih sesuai dengan selera sehingga tombol navigasi akan tampak seperti gambar berikut:





8. Ulangi cara yang sama beri nama yang berbeda sesuai dengan menu-menu belajar yang akan ditampilkan seperti SK/KD, APERSEPSI, MATERI, GLOSARIUM, EVALUASI, PROFIL, PUSTAKA, PENUTUP, BTIKP, RUMAH BANJAR. Untuk tombol close dan tombol petunjuk penggunaan diambil dari internet. Atur sedemikian rupa sehingga design slide akan tampil seperti gambar berikut:
















Demikian cara membuat desain dan tombol navigasi. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments: