Recent Posts

Wednesday, August 1, 2018

Download Aplikasi raport K13 Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar


Download Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar. Dalam setiap kegiatan, pasti dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan diakhiri dengan penilaian. Seorang guru harus mampu merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian dan mengolahnya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 


Manfaat penilaian tidak hanya untuk mengetahui pencapaian hasil belajar, tetapi juga yang paling penting adalah penilaian dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu dalam melakukan penilaian perlu menggunakan pendekatan assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning.

 Semenjak diberlakukannya kurikulum 2013, saya sering mendengar keluhan para guru tentang masalah penilaian yang rumit. Masalah penilaian pada kurikulum 2013 membutuhkan energi agak besar karena model penilaian K13 berbeda dengan Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.  Untuk K13, penilaian rentangnya 1 sampai 4, ada deskripsi dari guru.

Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar yang dimaksudkan untuk memudahkan para guru dalam melakukan penilaian dan megolahnya sampai menjadi siap cetak. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin membagikan Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh Hasbullah Jaini Guru Kelas di SDN 1 Sidorejo alamat blog https://hasbullahjaini79.wordpress.com/2018/06/04/aplikasi-raport-k13-revisi2018/

 Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar ini terdiri dari beberapa menu yaitu:
1. Beranda
Pada halaman beranda ini terdiri dari Kelas, Semester, Tahun pelajaran, Nama Wali Kelas NIP dan Sekolah

2. Data Induk
Pada data induk ini terbagi lagi menjadi
a. Data Induk
b. Data Siswa
c. Edit mapel
d. Bank KD
e. KKM Sekolah

3. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dari bulan ke 1 sampai bulan ke 6, dan nilai sikap rekap

4. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan terdiri dari tema dan subtema, input nilai mapel agama, PJOK, dan mulok. Pada penilaian pengetahuan ini juga dilengkapi rekap nilai akhir.

5. Penilaian Keterampilan
Penilaian pengetahuan terdiri dari tema dan subtema, input nilai mapel agama, PJOK, dan mulok. Pada penilaian pengetahuan ini juga dilengkapi rekap nilai akhir.

6. Ulangan
a. Ulangan Tengah Semester
- tema 1, tema 2, tema 3, rata-rata PTS
b. Ulangan Akhir Semester
- tema 1, tema 2, tema 3, tema 4, tema 5 rata-rata PTS

7. Absensi dan Ekskul

8. Cetak
-Sampul
-Identitas
- Legger
- Report
- Keadaan siswa
-Data siswa
- Blanko penilaian diri
- Blanko data siswa

9. Pengaturan 
- Ganti logo kabupaten
- Ganti logo sekolah 
- Ganti foto wali kelas
- Ganti KOP

Untuk mendapatkan Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar silahkan download di sini

Demikian postingan saya tentang Aplikasi raport K13  Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: https://hasbullahjaini79.wordpress.com/2018/06/04/aplikasi-raport-k13-revisi2018/


No comments: