Recent Posts

Monday, June 15, 2015

5 Trik dan Tips Belajar Matematika Efektif dan Menyenangkan

Hai sobat... Bagaimana kabar kalian hari ini? Sehat? Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan. Pada postingan kali ini saya akan memberikan trik dan tips belajar matematika yg efektif dan menyenangkan. Kenapa harus pelajaran matematika? Pada hari ini tepatnya pada jam pelajaran pertama dan kedua di kelas saya merupakan jam pelajaran matematika. Saat itu saya melihat semangat belajar sebagian dari siswa saya sangat menurun. Wajar sih kalau sebagian siswa menganggap matematika sebagai momok dan sesuatu yang menyulitkan. Tp sebagai guru saya juga merasa sedih. Saya ingin merubah pola pikir anak bahwa matematika bukanlah hal yang menakutkan bahkan kalau kita kenal lebih jauh dengan matematika kita akan lebih mencintainya, jadi ingat kata pepatah " tak kenal maka tak sayang" jadi berusaha untuk mengenalnya lebih jauh akn semakin mempererat kita dengan matematika. Oke..! Langsung saja saya berikan 5 trik dan tips belajar matematika yang efektif dan menyenangkan

1. Tanamkan Niat Untuk Belajar
Hal yang paling mendasar untuk belajar matematika adalah adanya niat. Niat untuk belajar matematika akan tumbuh menjadi kemauan. Pepatah mengatakan jika ada kemauan pasti ada jalan. Demikian juga halnya dalam belajar matematika. Kalau kemauan belajar sudah kita dapatkan maka belajar matematika akan lebih mudah kita jalani.
2. Menguasai Rumus-Rumus Dasar Matematika
Untuk menguasai rumus-rumus dasar matematika yg pertama harus kita kerjakan adalah menghafal. Tapi menghafalnya sambil relaks dan enjoy,Biar kita tak terbebani. Sebenarnya kita dapat menghafal rumus secara tidak langsung. Buat aja rumus tadi dikertas karton kemudian tempel pada dinding yang sering kita tatap, misalnya dikamar dekat tempat tidur, disamping cermin atau dimana saja deh yg sobat suka. Dengan begitu kita sering melihat sering terbaca sehingga secara tidak langsung dengan sendirinya melekat diotak.
3. Memahami Langkah-Langkah Penyelesaian Soal
Setelah kita menghafal rumus, jurus berikutnya dengan memahami setiap langkah pada penyelesaian soal. Ini sangat penting ketika guru menjelaskan didepan kelas, pasang mata pasang telinga dan otak. Pahami setiap jalan yang menuju ke jawaban atau hasil akhir. Jika masih belum mantap bisa ditanyakan kembali kepada guru. Kemudian ulangi lagi dengan belajar dirumah mengulangi langkah demi langkah penyelesaian soal.
4. Sering Berlatih
Sering-seringlah berlatih soal, dengan sering latihan rumus-rumus bisa diingat diluar kepala, dan langkah-langkah penyelesaian soal akan semakin mantap. Berlatihlah dengan soal yang sederhana, jika berhasil beralih ke soal yg lebih rumit sampai pemecahan masalah. Jika kamu sudah menguasai matematika ini, maka kamu akan kecanduan untuk mencoba dan terus mencoba beragam soal.
5. Saling berbagi ilmu
Berbagi ilmu yang sudah kita dapat merupakan salah satu jurus jitu untuk mengefektifkan belajar matematika. Ilmu yang kita dapatkan tidak akan berkurang malah akan semakin bertambah.

Nah.... Sampai disini dulu ya sobat. Tunggu kembali postingan berikutnya.
Sampai jumpa......

No comments: