Recent Posts

Saturday, June 20, 2015

6 Cara Mengelola Kelas yang Baik





Halo sobat blogger!! Apa kabarnya? Semoga hari kalian indah. Pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara mengelola kelas yang baik. Dalam suatu kelas terdapat bermacam-macam karakter dan sikap yang dimiliki siswa, ada yang rajin, malas dan ada yang selalu membuat keributan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengelolaan kelas yang baik. Pengelolaan kelas adalah salah satu keterampilan seorang guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Guru harus bisa mengatur dan mengendalikan siswanya dalam proses belajar mengajar. Berikut ini 6 cara mengelola kelas yang baik:

1. Menanamkan Sikap Disiplin Diri
Menanamkan sikap disiplin diri harus dilakukan seorang guru kepada siswanya dengan mengingatkan tata tertib yang harus dipatuhi selama disekolah dan selama dikelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung.  Sehingga diharapkan siswa dapat mengendalikan dirinya dari hal-hal yg tidak seharusnya dilakukan pada saat pelajaran berlangsung.
2. Memberikan Teguran
Seorang guru harus bersikap tegas kepada siswanya apabila diantara siswa ada yang membuat keributan saat proses belajar mengajar. Memberikan teguran yang positif sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
3. Mengelompokkan Siswa Secara Heterogen
Belajar dengan berkelompok sangat memberikan manfaat bagi siswa dan bagi kelangsungan kelas yang kondusif. Mengelompokkan siswa secara heterogen tidak memandang jenis kelamin, ras/suku, dan siswa dikelompokkan secara acak berdasarkan nilai akademiknya. Sehingga diharapkan siswa yang mempunyai kemampuan lebih dapat menjadi tutor sebaya bagi temannya.
4. Menggunakan Model Pembelajaran yang Bervariasi
Guru seringkali menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar, hal ini dapat menimbulkan kejenuhan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan berbagai macam model pembelajaran yang cocok dengan materi.
5. Mengadakan Tanya Jawab
Tanya jawab sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa pada proses belajar mengajar. Hal ini akan menjadikan suasana kelas yang tenang dan kondusif karena siswa fokus untuk bertanya ataupun dalam memikirkan jawaban.
6. Memberikan Penghargaan
Bagi siswa yang menyelesaikn tugasnya dengan baik, hendaknya guru memberikan penghargaan baik berupa pujian ataupun hadiah (reward) supaya siswa lebih termotivasi dalam belajar.

Inilah 6 cara mengelola kelas yang baik. Semoga dapat diterapkan bagi para guru disekolah. Sekian dulu postingan dari saya, tunggu kembali di postingan berikutnya!!




No comments: