Halo sobat blogger... dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang media pembelajaran power point. Dalam suatu proses
belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan
media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu
metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai,
meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih
media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan
siswa kuasai setelah pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk
karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu
fungsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut
mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan
oleh guru.
Beberapa macam media
pembelajaran yang ada pada dasarnya merupakan suatu sarana atau alat bantu
untuk menyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik
bahkan bisa lebih menarik. Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan sangat
berpengaruh dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran secara lebih
optimal.
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para
guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh
sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan
perkembangan dan tuntutan zaman. Salah satu pemanfaatan media pembelajaran dalam
bentuk power point.
Menurut Herlanti (dalam Munadi, 2010: 150),
keunggulan multimedia PowerPoint antara lain: (1) mampu menampilkan objek-objek
yang sebenarnya tidak ada secara fisik atau diistilahkan dengan imagery. Secara
kognitif pembelajaran dengan menggunakan mental imagery akan meningkatkan
retensi siswa dalam mengingat materi-materi pelajaran, (2) Mampu mengembangkan
materi pembelajaran terutama membaca dan mendengarkan secara mudah, (3)
memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperti teks, gambar,
video, grafik, tabel, suara dan animasi menjadi satu kesatuan penyajian yang
terintegrasi, (4) dapat mengakomodasi peserta didik sesuai dengan modalitas
belajarnya terutama bagi mereka yang memiliki tipe visual, auditif, kiestetik,
atau yang lainnya. Karena menurut Susilana (2007: 100) secara umum, modalitas
belajar siswa dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu visual, auditif dan
kinestetik.
Program Power Point juga merupakan salah satu
software yang dirancang khusus untuk menampilkan program multimedia dengan
menarik, mudah dalam pembuatan dan penggunaaannya serta relatif murah karena
tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (Susilana,
2007: 99).
Silahkan download contoh media pembelajaran IPA untuk kelas V materi daur air
Bahan Rujukan
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:GP Press
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
No comments:
Post a Comment