Sumber foto: https://supriyadikaranganyar.wordpress.com/2011/03/ |
Pada postingan yang lalu telah dibahas
mengenai pembelajaran melalui kelompok kecil yang bertujuan untuk lebih
memudahkan guru berkomunikasi dengan siswanya. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana
prosedur pada pembelajaran kelompok kecil. Kesulitan yang dihadapi guru saat
pembelajaran kelompok kecil yaitu saat guru bekerja untuk satu kelompok, tetapi
seisi kelas terlibat dalam pekerjaan individual. Hal ini akan mengakibatkan
terpecahnya pengawasan, pemberian bantuan secara tidak merata, serta munculnya
masalah-masalah lain. Prosedur yang terencana dengan matang tentu dapat
memudahkan guru untuk melakukan pembelajaran sesuai harapan.
Saat memutuskan menerapkan
kelompok kecil, guru harus mempersiapkan beberapa prosedur yang membantu
kelancaran pembelajaran tersebut. Ada 3 prosedur yang saya kutip dari Setyanto
antara lain:
1.
Mempersiapkan ruang kelas seefektif mungkin
untuk pembelajaran dalam kelompok kecil. Misalnya guru harus memberi tugas
khusus untuk masing-masing kelompok. Meskipun tugas setiap kelompok berbeda,
waktu pengerjaan serta pengumpulan tugas tetap sama. Hal yang terpenting bagi
guru ialah memperhatikan semua hal tentang materi pembelajaran saat dilakukan
diskusi kelompok.
2.
Mengatur perilaku siswa saat di dalam kelompok.
Pembuatan kelompok kecil rentan terjadi pergerakan yang menimbulkan kegaduhan.
Maka, prosedur yang sering digunakan para guru ialah membuat peraturan yang
melarang siswa berbicara saat perpindahan tempat duduk serta menyiapkan materi.
Selanjutnya, ketika siswa sudah berada pada tempat yang diinginkan, maka guru
dapat memberi isyarat untuk memulai diskusi kelompok. Ketika semua siswa sudah
mengerjakan tugas dalam kelompok masing-masing guru dapat memberikan bantuan
terhadap kelompok yang mengalami kesulitan. Hal ini dapat dilakukan guru dengan
mendatangi siswa secara acak. Jika tidak demikian, sebelum diskusi dimulai,
guru mengingatkan siswa agar memberikan isyarat saat membutuhkan bantuan.
3.
Pembelajaran dalam kelompok kecil terkadang
memerlukan perlengkapan. Apabila hal ini memang diperlukan, guru dapat
menempatkan perlengkapan di berbagai wilayah yang dianggap bersinggungan dengan
kelompok-kelompok kecil tersebut. Bisa juga guru meletakkannya terlebih dahulu
pada meja setiap siswa. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kekacauan
yang tentu saja menghambat jalannya kegiatan belajar mengajar.
Demikian penjelasan prosedur
mengenai pembelajaran kelompok kecil, mudah-mudahan dapat memberikan referensi
bagi para guru dalam menerapkan pembelajaran melalui kelompok kecil sehingga
akan membantu kelancaran pembelajaran.
Sumber:
Setyanto,Ardi.N. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar. Yogyakarta:
Diva Press
No comments:
Post a Comment