Recent Posts

Monday, June 6, 2016

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak



Rasa percaya diri sangatlah penting dimiliki anak dalam menciptakan keberhasilan dalam segala hal dalam hidupnya. Anak yang berhasil cenderung memiliki rasa percaya diri yang besar jika dibandingkan dengan anak yang sering gagal. Hal ini disebabkan anak yang berhasil jika dia gagal dalam melakukan sesuatu dia akan mencoba dan terus mencoba karena di dalam dirinya tertanam suatu keyakinan “aku pasti bisa”. Anak yang gagal, apabila dia sudah gagal maka dia tidak akan mencoba lagi karena keyakinan “aku pasti bisa” tidak ada dalam dirinya, yang ada hanya ada rasa takut mengulangi kegagalan. Peran orang tua sangat dibutuhkan anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada dirinya. Ini merupakan tugas yang berat dan tantangan bagi para orang tua. Memang untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak tidak semudah membalikkan telapak tangan namun dilakukan secara bertahap. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.


1.      Tanamkan Keyakinan “Aku Pasti Bisa”
Keyakinan “ aku pasti bisa” berpengaruh positif dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, anak yang selalu berhasil melakukan segala hal, di dalam dirinya tertanam keyakinan “ aku pasti bisa”. Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan keyakinan “ aku pasti bisa” dalam diri anak? Sebagai contoh, anak yang ragu-ragu pada saat memanjat tangga untuk mencapai anak tangga paling atas. Saat anak anda mengatakan “ aku tidak bisa” disinilah peran anda sebagai orang tua untuk menanamkan keyakinan “ aku pasti bisa”. Katakan pada anak anda, “ Panjatlah! Kamu pasti bisa melakukannya. Tidak ada yang tidak dapat kamu lakukan sebelum kamu mencobanya.” Sekilas ini hanyalah kata-kata biasa, namun kata-kata ini akan memberikan power di dalam diri anak anda. Apabila hal ini sering dilakukan, sedikit demi sedikit keyakinan “aku pasti bisa” akan tertanam dalam diri anak.
2.      Berikan Bimbingan untuk Mengatasi Rasa Takut
Rasa takut sering menyerang anak pada saat akan mengikuti lomba, tampil di depan umum ataupun kegiatan-kegiatan lainnya. Hal ini sangat wajar dan manusiawi, tapi apabila rasa takut yang berlebihan menyerang anak, ini akan berdampak negatif dan apa yang dilakukan tidak mencapai hasil yang maksimal. Bimbingan orang tua untuk mengatasi rasa takut sangat diperlukan anak. Misalnya anak anda akan menampilkan tarian di depan umum, bimbinglah anak anda agar menguasai gerakan tari. Apabila gerakan tari sudah dikuasai maka rasa takut melakukannya di depan umum akan semakin teratasi dan pada akhirnya timbullah rasa percaya diri pada diri anak.
Sumber Foto: http://wolipop.detik.com/read/2010/04/23/164000/1344310/857/kiat-meningkatkan-rasa-percaya-diri-anak

3.      Memberikan Penghargaan dan Pujian
Jika anak anda berhasil melakukan tugasnya dengan baik, janganlah anda pelit memberikan pujian walaupun cuma dengan kata-kata “Wah! Kamu memang hebat.” Apalagi kalau anda memberikan penghargaan berupa hadiah misalnya memasak menu favorit anak anda pada saat makan malam. Pujian dan penghargaan akan sangat berpengaruh pada diri anak, anak akan merasa diakui bahwa dirinya dapat melakukan tugas dengan baik. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak anda. Sering-seringlah berikan penghargaan dan pujian. Secara bertahap rasa percaya diri anak anda akan semakin besar.
4.      Jangan Mengkritik Anak Tetapi Lakukan dengan Cara Lain
Mengkritik anak sering dilakukan orang tua dengan cara yang tidak tepat, cara ini hanya dapat menghilangkan rasa percaya diri pada anak. Pada saat anak gagal melakukan sesuatu. Janganlah anda berkata “mengapa kamu sangat ceroboh?”. Tapi gunakanlah cara lain dengan berkata “lain kali kamu harus lebih hati-hati”. Dengan kata ini kepercayaan diri pada anak tidak akan hilang begitu saja. Justru akan menambah rasa percaya diri pada diri anak.

Demikian cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. Semoga dengan adanya artikel ini akan bermanfaat bagi kita semua.

No comments: