Recent Posts

Friday, July 6, 2018

Administrasi Guru yang Harus Dilengkapi

Profesi seorang guru sekarang ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena untuk menjadi seorang guru seseorang harus menempuh pendidikan khusus keguruan dan ilmu pendidikan. Sekarang ini guru minimal harus berpendidikan S1 dan harus liniear. Menjadi seorang guru adalah profesi yang sangat mulia. Banyak orang beranggapan bahwa menjadi seorang guru itu tugasnya hanya mengajar, namun faktanya tidak demikian. Selain mengajar di dalam kelas guru juga dituntut menyiapkan setumpuk administrasi yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar di kelas.

administrasi Guru

Sebelum kita membahas apa saja yang harus disiapkan guru dalam administrasi kelasnya, kita juga harus mengetahui apa itu administrasi guru? Kata administrasi berasal dari bahasa latin yaitu ad dan ministrare. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Dan ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani”, “membantu”, atau mengarahkan”. Dalam bahasa inggris to administer berarti pula “mengatur”, dan “mengarahkan”. Jadi, kata “administrasi” dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.

Administrasi Guru berikut ini merupakan referensi bagi Bapak/Ibu Guru untuk memudahkan pembuatan berbagai Administrasi untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Apa saja yang harus disiapkan guru untuk melengkapi administrasi di kelasnya?  

1. TATA TERTIB GURU
2. KALENDER PENDIDIKAN
3. ANALISIS HARI EFEKTIF
4. PROGRAM TAHUNAN
5. PROGRAM SEMESTER
6. SILABUS
7. RPP
8. PENETAPAN KKM
9. JADWAL MENGAJAR
10. DAFTAR HADIR SISWA
11. BANK SOAL
12. BAHAN AJAR
13. PROGRAM PERBAIKAN
14. PROGRAM PENGAYAAN
15. ANALISIS HASIL EVALUASI
16. BUKU KETERCAPAIAN TARGET
17. JURNAL KELAS
18. NOTULEN RAPAT
19. BUKU TAMU
20. DAFTAR INVENTARIS KELAS
21. BUKU PENYERAHAN RAPORT
22 BUKU BIMBINGAN KONSELING
23. BUKU MUTASI SISWA
24. DENAH KELAS

Minimal 24 administrasi guru yang telah disebutkan di atas yang harus dipersiapkan guru dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Demikian yang bisa saya sampaikan tentang apa saja yang harus dipersiapkan guru dalam melengkapi administrasi kelasnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi rekan guru semua. Salam pendidikan!!!





No comments: