Recent Posts

Monday, July 16, 2018

Inilah Dokumen yang Wajib dipersiapkan oleh Pelamar CPNS 2018


Sumber gambar: http://fajarmanado.com
Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka mulai akhir Juli pada minggu ke empat,  menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Bapak Asman Abnur  menyatakan bahwa lowongan CPNS 2018 akan mengutamakan faktor kompetensi dan potensi di masing-masing daerah. Asman lantas mencontohkan apabila suatu daerah terkenal akan potensi pertaniannya maka yang akan menjadi fokus ialah penerimaan CPNS berdasarkan latar belakang ilmu pertanian. Asman berharap dengan diterapkannya formula semacam itu PNS yang diterima sesuai
dengan keahliannya dan sesuai dengan kebutuhan daerahnya, jadi kita tidak lagi menerima pegawai yang tidak sesuai kompetensinya. Asman sempat menyebutkan tiga sektor jadi fokus penerimaan CPNS 2018. Ketiga sektor itu adalah yang berkaitan dengan pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga pendukung pembangunan infrastruktur.

Saat disinggung mengenai jumlah PNS yang menjadi target pada lowongan CPNS 2018, Asman tidak menyebutkan secara rinci, dia hanya menegaskan perekrutan CPNS ini bertujuan untuk mengganti PNS yang sudah akan memasuki masa pensiun. Beberapa tahun ini sudah ada moratorium, kita lihat nanti belanja daerahnya juga supaya kita jangan terus mengeluh kekurangan pegawai ujar Asman. Mekanisme seleksi CPNS 2018. 

Salah satu terobosan yang ingin dilaksanakan tahun ini ialah sistem seleksi yang terintegrasi, dengan alur yang terintegrasi penyelenggaraan seleksi diharapkan bisa jadi lebih efektif, nantinya pelaksanaan seleksi juga hanya akan menggunakan satu sistem seleksi yakni seluruh proses pendaftarannya dipusatkan melalui portal nasional yakni SSCN, dimana portal nasional ini akan dikelola menggunakan satu website yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Dokumen yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan pendaftaran CPNS 2018 bagi yang sarjana adalah sebagai berikut:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
3. Surat keterangan dari BAN PT
4. Pas photo terbaru 4x6 cm sebanyak 4 lembar latar belakang merah

Dokumen tambahan bagi pelamar yang berijazah DIII dan SMA /sederajat antara lain:
1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SMP
6. Fotokopi ijazah SMA
7. Pasphoto terbaru 4x6 cm sebanyak 4 lembar latar belakang merah

Adapun persyaratan umum pendaftar antara lain:
  1. Warga negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatanhukum tetap karena telah melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta anggota TNI/Polri dan sedang tidak terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
Nah, bagi anda yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil, persiapkan segala dokumen yang harus di lengkapi dari sekarang.



No comments: