![]()  | 
| Sumber ilustrasi: http://www.sangpengajar.com/2016/01/inilah-jenis-publikasi-ilmiah-guru.html | 
Setiap macam laporan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB), baik kegiatan pengembangan diri, publikasi
ilmiah, maupun karya inovatif disajikan dalam bentuk publikasi dengan kerangka
isi dan disertai bukti fisik yang berbeda antara satu kegiatan dengan kegiatan
lainnya. Ada kriteria umum yang harus diperhatikan oleh guru agar karya
publikasi ilmiah dapat dinilai angka kreditnya. Laporan kegiatan PKB tersebut
harus: Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten (APIK). Yang secara rinci indikatornya
adalah sebagai berikut:
Tabel Persyaratan umum dan
indikator laporan kegiatan PKB
| 
   
Persyaratan
  umum 
 | 
  
   
Indikatornya 
 | 
 
| 
   
Keaslian 
 | 
  
   
1.     
  Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data
  yang sesuai 
 | 
 
| 
   
2.     
  Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian wajar dan logis, misalnya satu
  tahun maksimal dua penelitian. 
 | 
 |
| 
   
3.     
  Tidak ada perbedaan kualitas, cara penulisan, gaya bahasa yang
  mencolok diantara karya-karya yang dibuat oleh seorang guru yang sama. 
 | 
 |
| 
   
4.     
  Ada perbedaan di antara PUBLIKASI ILMIAH yang dinyatakan dibuat pada
  waktu yang berbeda. Seperti foto-foto, dokumen, surat pernyataan jika dibuat
  dalam waktu yang berbeda. 
 | 
 |
| 
   
5.     
  Tidak ada kemiripan yang mencolok dengan skripsi, tesis atau
  disertasi, baik mungkin karya yang bersangkutan maupun karya orang lain. 
 | 
 |
| 
   
6.     
  Tidak ada kesamaan mencolok dengan PUBLIKASI yang dibuat oleh orang
  lain, dari daerah yang sama, seperti di sekolah, kabupaten, kota atau wilayah
  yang sama. 
 | 
 |
| 
   
7.     
  Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran dan foto. 
 | 
 |
| 
   
Perlu 
 | 
  
   
1.        
  Isi dari hal yang dipermaslahkan, merupakan tentang hal yang tidak
  terlalu luas/terlalu umum, yang terkait dengan permasalahan nyata yang ada
  disekolah/kelasnya atau berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan
  sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan. 
 | 
 
| 
   
2.        
  Isi dari hal yang dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal
  spesifik bidang keilmuan, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di
  sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan
  sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan. 
 | 
 |
| 
   
3.        
  Isi dari hal dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal dibidang
  pendidikan/pembelajaran, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di
  sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang
  bersangkutan sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang
  bersangkutan. 
 | 
 |
| 
   
4.        
  Isi dari hal dipermasalahkan, termasuk dari macam publikasi ilmiah
  yang dapat diajukan untuk dinilai sebagai bagian kegiatan pengembangan
  keprofisian berkelanjutan. 
 | 
 |
| 
   
Ilmiah 
 | 
  
   
1.     
  Masalah yang ditulis merupakan masalah keilmuan dan berkaitan dengan
  permasalahan tentang pengembangan profesi guru. 
 | 
 
| 
   
2.     
  Latar belakang masalah jelas dan dapat menunjukkan pentingnya hal yang
  dibahas (harus ada fakta spesifik yang berkaitan dengan masalah pembelajaran
  dikelasnya) 
 | 
 |
| 
   
3.     
  Rumusan masalah jelas sehingga bisa diketahui apa yang mau diungkapkan 
 | 
 |
| 
   
4.     
  Kebenarannya didukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan
  kebenaran analisisnya. 
 | 
 |
| 
   
5.        
  Kesimpulan harus menjawab permasalahan yang diajukan 
 | 
 |
| 
   
Konsisten 
 | 
  
   
1.     
  Karya tulis yang dibuat harus sesuai dengan tugas penulis sebagai guru 
 | 
 
| 
   
2.     
  Sesuai dengan latar belakang keahlian atau tugas pokok penulisnya 
 | 
 
Sumber: Warso, Agus Wasisto Dwi
Doso. 2015. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha
Cendekia

No comments:
Post a Comment