Recent Posts

Saturday, April 9, 2016

Artikel Ilmiah dan Angka Kreditnya




Sumber: http://memebbmlucu.online/cara-membuat-artikel-ilmiah-yang-baik-dan-benar/

Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.

Besaran angka kreditnya, adalah sebagai berikut:
No
Keterangan
Angka Kredit
1.
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat Nasional terakreditasi
2
2.
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat Nasional tidak terakreditasi/tingkat Provinsi
1,5
3.
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajarn pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat Lokal (kabupaten/kota/sekolah/madrasah)
1
Artikel ilmiah bisa diakui angka kreditnya
a.       Dinyatakan sebagai artikel ilmiah, jika isinya sesuai dan berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikannya.
b.      Dinyatakan sebagai artikel ilmiah, jika disertai dengan bukti-bukti fisik yang dipersyaratkan. Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka kredit adalah sebagai berikut: Jurnal ilmiah asli atau fotocopy yang menunjukkan adanya nomor ISSN, keterangan akreditasi untuk tingkat nasional, (atau keterangan bahwa jurnal tersebut adalah tingkat nasional tapi tidak terakreditasi), keterangan bila jurnal tersebut diterbitkan di tgingkat provinsi atau kabupaten/kota, atau tingkat local (kabupaten/kota/sekolah/madrasah). Semua bukti fisik di atas memerlukan pernyataan keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah.
Sumber: Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. Publikasi Ilmiah Non Penelitian. Yogyakarta: Graha cendekia

No comments: