Dok Pribadi |
Guru merupakan pahlawan tanpa tanda
jasa. Pekerjaan sebagai seorang guru sangat mulia karena peran guru memiliki
andil yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui seorang guru
dapat diciptakan sumber daya manusia yang berkualitan dan pada akhirnya akan
turut serta dalam pembangunan bangsa dan negara.
Setiap
siswa pasti mendambakan sosok guru yang professional. Bagaimana upaya guru
untuk menjadi guru professional? Sebelum kita membahas tentang upaya guru untuk
menjadi guru professional, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari professional.
Profesional adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu setelah
melalui proses pendidikan dan pelatihan berstandar tinggi. Seseorang dikatakan professional
apabila telah memiliki 3 hal pokok pada dirinya. Ketiga hal pokok tersebut
antara lain:
1. Skill artinya ahli dalam bidang tertentu
2. Knowledge artinya seorang guru yang professional tidak hanya ahli dalam
bidangnya namun juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas terhadap
bidang yang diampunya.
3. Attitude artinya sikap dan perilaku
harus sesuai dengan norma yang berlaku.
Setelah kita
mengetahui pengertian professional, saya akan mengaitkan pengertian professional
ini dengan guru professional. Guru professional adalah seseorang yang sudah
terdidik dan terlatih dalam bidang keguruan sehingga dia dapat melaksanakan
tugas dan fungsinya secara maksimal.
Menjadi guru
yang professional merupakan tantangan tersendiri bagi para guru. Upaya-upaya
yang dilakukan untuk menjadi guru professional antara lain:
1.
Pembinaan Mutu Pendidikan
Masalah mutu pendidikan merupakan hal
yang serius di suatu lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan
diperlukan suatu bimbingan dan pembinaan terhadap para guru. Dalam hal ini
peran pengawas sekolah sangat penting dalam memotivasi guru untuk selalu
displin. Baik displin waktu maupun displin kerja. Selain itu, pengawas sekolah
juga berperan memotivasi guru untuk melakukan proses pembelajaran yang mampu
menumbuhkan berfikir kritis, kreatif, inovatif, dan cakap dalam menyelesaikan
masalah.
2.
Adanya Pelatihan
Adanya pelatihan bagi guru seperti
bimbingan teknis, diklat, workshop ataupun seminar pendidikan akan memberikan
bekal untuk menunjang karier sebagai guru. Guru akan dibekali dengan berbagai
wawasan, pengetahuan, dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan
produktivitas dengan kata lain dengan adanya pelatihan akan meningkatkan
kinerja dan pada gilirannya akan meningkatkan kompetensi guru secara optimal.
3.
Mengikuti Proses Sertifikasi
Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa sertifikasi adalah proses
pemberian sertifikat guru dan dosen. Dengan sertifikasi guru artinya guru
diberi pengakuan bahwa dirinya telah memiliki kompetensi untuk melaksanakan
pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan. Tertentu setelah lulus uji
kompetensi oleh lembaga sertifikasi.
4.
Kemampuan Mengajar
Guru harus mampu mengajar siswanya
dengan baik. Dalam mengajar tugas guru tidak hanya mentransfer pengetahuan
tetapi seorang guru juga harus mampu menggali bakat dan potensi siswa. Selain
itu guru harus menguasai materi yang akan diajarkannya. Penguasaan materi
terhadap suatu mata pelajaran tertentu merupakan suatu hal yang mutlak bagi
guru. Perlunya penguasaan materi bagi guru merupakan sebuah standar nyata
dimana seorang guru harus benar-benar mengasah kemampuan profesinya. Oleh
karena itu seorang guru yang akan melaksanakan tugasnya harus mengadakan
persiapan yang cukup. Semakin tinggi penguasaan materi oleh seorang guru maka
akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai. Untuk mengatasi kebosanan
siswa dalam belajar, seorang guru yang kreatif harus bisa mengembangkan
berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Selain
itu, penggunaan alat peraga dan media pembelajaran juga sangat berperan penting
dalam membantu inovasi guru terhadap proses pembelajaran.
Demikian ulasan artikel tentang Upaya
menjadi guru professional. Semoga dengan adanya artikel ini akan bermanfaat
bagi kita semua.
No comments:
Post a Comment