Recent Posts

Wednesday, April 20, 2016

Lomba Bina Kreativitas Siswa/Siswa Berprestasi



Lomba Bina Kreativitas Siswa/Seleksi siswa berprestasi selalu diadakan setiap tahunnya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Siswa siswi pilihan perwakilan masing-masing kecamatan berkumpul disini dan berlomba menjadi yang terbaik. Sebelumnya, siswa siswi pada masing-masing kecamatan telah diseleksi dan putra putri terbaiklah yang diikutkan lagi pada lomba Bina Kreativitas Siswa/Siswa Berprestasi pada tingkat kabupaten.

Lomba Bina Kreativitas Siswa/Seleksi siswa berprestasi di tingkat kabupaten ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 18 dan 19 April 2016 yang bertempat di SMAN 1 Barabai. Pesertanya mulai jenjang SD, SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Kebetulan disini saya mendampingi siswa perwakilan kecamatan Batang Alai Utara untuk jenjang SD.

Tanggal 18 April 2016, dimulai dengan pendaftaran peserta lomba. Setiap peserta menyerahkan fotocopy raport yang memuat biodata siswa dan nilai siswa kelas 4 dan kelas 5. Selain itu peserta juga menyerahkan fotocopy berbagai piagam penghargaan atau sertifikat yang dimiliki ke panitia lomba.

Sampailah pada acara pembukaan, dilanjutkan sambutan ketua panitia lomba. Setelah acara pembukaan selesai, siswa dan siswi berkumpul di sebuah ruangan yang telah disediakan masing-masing untuk jenjang sekolah. Didalam ruangan ini panitia memberi pengarahan bahwa pada lomba ini terdiri atas tes akademik, mengarang dengan memilih salah satu tema, wawancara dan kesenian. Kemudian siswa dan siswa diberi nomor undian secara acak. Nomor undian ini digunakan sebagai urutan maju untuk menyelesaikan tesnya.

Pada tes akademik dilakukan secara tertulis. Siswa dihadapkan pada soal-soal akademik yang terdiri atas berbagai mata pelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan mengarang. Untuk siswa pada jenjang SD ditantang untuk memilih salah satu tema dari 4 tema yaitu:
1.      Mengembangkan kebiasaan membaca dan menulis sejak kecil
2.      Mempersiapkan menjadi pemimpin masa depan
3.      Mengenal budaya daerah sebagai salah satu kebudayaan nasional
4.      Menanamkan kejujuran sejak usia dini
Setelah semua siswa selesai mengarang, siswa dan siswi membacakan hasil karangannya dihadapan dewan juri.
Membaca Karangan Di Depan Dewan juri

Tanggal 19 April dilanjutkan tes wawancara. Di ruangan ada 6 dewan juri. Nomor undian pertama masuk paling awal dilanjutkan nomor undian selanjutnya. Begitu seterusnya sampai diwawancarai oleh ke enam dewan juri tentang masalah sekolah.
Dewan juri lomba

Yang terakhir, siswa dan siswi memilih salah satu kesenian yang akan  ditampilkan. Diantara pilihan tersebut antara lain: menyanyi, menari, baca puisi, memainkan alat music, silat, karate, kesenian daerah seperti madihin. Berikut ini gallery foto penampilan masing-masing siswa dan siswi pada jenjang SD.

 
Tarian Baksa Kembang






























Tarian Dayak

Karate

Memainkan alat musik piano tiup

Memainkan alat musik piano

Tarian Japin

Kesenian Daerah Madihin
                                                                                                Baca Puisi  


Sampailah pada acara penutupan disertai pengumuman juara siswa berprestasi. Berikut data juara dari jenjang SD sampai SMA.

Hasil seleksi siswa berprestasi jenjang SD
Putra 
1.M.Hasbi Fadillah SDN Durian Gantang LAS 
2. Nadila Arisan Rifansyah SDN 2 Barabai Timur 
3. M.Ibrahim Aladzi SDN Ilung. 
Putri 
1.Aulia Putri SDN Durian Gantang LAS 
2. Yessy Cantika Putri IB SDN Palajau Pandawan 
3. Noor Syahidan Rahim SDN Kalibaru Batu Benawa 

Hasil Seleksi Jenjang SLTP 
Putra 
1. Akhmad Maruji MTsN Walangku 
2. M.Rifaldi R MTsN Barabai 
3. Akhmad Riffi F SMPIT Al khair 
Putri 
1. Helia Mahmudah SMPN 1 Barabai 
 2. Siti Nahdia SMPN 7 Barabai 
3. Putri Sadatun Jannah SMP 2Barabai 

Hasil Seleksi Jenjang SLTA 
Putra 
1. Maulidi R MAN 1 Barabai 
2. Abdutrrahman Ponpes Darul Inabah 
3. M. Rifki SMK 1 Barabai 
Putri 
1. Hamidah Ariyani MAN 3 Barabai 
2. Terlayani SMA 4 Barabai 
3. Lisna Mauliani SMA 1 Barabai

Lomba Bina kreativitas Siswa ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk memupuk rasa percaya diri, mengasah kreativitas siswa, dan dapat mengembangkan berbagai jenis kecerdasan seperti kognitif, emosional, social dan spiritual.


No comments: