Sumber ilustrasi: http://www.sangpengajar.com/2016/01/inilah-jenis-publikasi-ilmiah-guru.html |
Setiap macam laporan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB), baik kegiatan pengembangan diri, publikasi
ilmiah, maupun karya inovatif disajikan dalam bentuk publikasi dengan kerangka
isi dan disertai bukti fisik yang berbeda antara satu kegiatan dengan kegiatan
lainnya. Ada kriteria umum yang harus diperhatikan oleh guru agar karya
publikasi ilmiah dapat dinilai angka kreditnya. Laporan kegiatan PKB tersebut
harus: Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten (APIK). Yang secara rinci indikatornya
adalah sebagai berikut:
Tabel Persyaratan umum dan
indikator laporan kegiatan PKB
Persyaratan
umum
|
Indikatornya
|
Keaslian
|
1.
Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data
yang sesuai
|
2.
Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian wajar dan logis, misalnya satu
tahun maksimal dua penelitian.
|
|
3.
Tidak ada perbedaan kualitas, cara penulisan, gaya bahasa yang
mencolok diantara karya-karya yang dibuat oleh seorang guru yang sama.
|
|
4.
Ada perbedaan di antara PUBLIKASI ILMIAH yang dinyatakan dibuat pada
waktu yang berbeda. Seperti foto-foto, dokumen, surat pernyataan jika dibuat
dalam waktu yang berbeda.
|
|
5.
Tidak ada kemiripan yang mencolok dengan skripsi, tesis atau
disertasi, baik mungkin karya yang bersangkutan maupun karya orang lain.
|
|
6.
Tidak ada kesamaan mencolok dengan PUBLIKASI yang dibuat oleh orang
lain, dari daerah yang sama, seperti di sekolah, kabupaten, kota atau wilayah
yang sama.
|
|
7.
Data konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran dan foto.
|
|
Perlu
|
1.
Isi dari hal yang dipermaslahkan, merupakan tentang hal yang tidak
terlalu luas/terlalu umum, yang terkait dengan permasalahan nyata yang ada
disekolah/kelasnya atau berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan
sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
|
2.
Isi dari hal yang dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal
spesifik bidang keilmuan, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di
sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang bersangkutan
sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
|
|
3.
Isi dari hal dipermasalahkan, merupakan kajian tentang hal dibidang
pendidikan/pembelajaran, terkait dengan permasalahan nyata yang ada di
sekolah/kelasnya atau yang berkaitan langsung dengan kegiatan yang
bersangkutan sebagai guru dikelasnya yang sesuai dengan tugas guru yang
bersangkutan.
|
|
4.
Isi dari hal dipermasalahkan, termasuk dari macam publikasi ilmiah
yang dapat diajukan untuk dinilai sebagai bagian kegiatan pengembangan
keprofisian berkelanjutan.
|
|
Ilmiah
|
1.
Masalah yang ditulis merupakan masalah keilmuan dan berkaitan dengan
permasalahan tentang pengembangan profesi guru.
|
2.
Latar belakang masalah jelas dan dapat menunjukkan pentingnya hal yang
dibahas (harus ada fakta spesifik yang berkaitan dengan masalah pembelajaran
dikelasnya)
|
|
3.
Rumusan masalah jelas sehingga bisa diketahui apa yang mau diungkapkan
|
|
4.
Kebenarannya didukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan
kebenaran analisisnya.
|
|
5.
Kesimpulan harus menjawab permasalahan yang diajukan
|
|
Konsisten
|
1.
Karya tulis yang dibuat harus sesuai dengan tugas penulis sebagai guru
|
2.
Sesuai dengan latar belakang keahlian atau tugas pokok penulisnya
|
Sumber: Warso, Agus Wasisto Dwi
Doso. 2015. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha
Cendekia
No comments:
Post a Comment