Recent Posts

Monday, May 23, 2016

5 Cara Orang Tua Memotivasi Belajar Anak



Keluarga merupakan tempat pertama anak tumbuh dan berkembang. Orang tua adalah guru pertama yang memberikan ilmu. Di rumah anak belajar berbagai hal tentang berbagai ilmu, sikap dan perilaku. Hal ini akan menjadikan fondasi bagi kehidupan anak pada masa depan. Selain merawat, mengasuh, dan membesarkan anak, peran orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak sangatlah penting dan utama. Yang harus dilakukan orang tua adalah memilih sekolah untuk anak, membimbing mereka belajar, mendidik sikap dan perilaku, sebagai fasilitator, dan pemberi motivasi belajar. 

Sumber: http://nisrina.co.id/blog/bentuk-perbuat-kebajikan-anak-kepada-kedua-orang-tua/

Ada beberapa cara orang tua dalam memotivasi belajar anak antara lain:
1.      Memberikan Perhatian
Perhatian orang tua sangat penting bagi anak, mungkin banyak orang tua menganggap sepele hal ini namun perhatian orang tua berdampak luar biasa pada diri anak. Misalnya pada saat pulang sekolah orang tua menanyakan apa saja hal-hal yang menyenangkan di sekolah, kesulitan belajar apa yang ia dapatkan atau memperoleh nilai berapa. Dengan perhatian orang tua anak akan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan dirinya baik di rumah maupun di sekolah.
2.      Memberikan Penghargaan
Anak paling suka di beri penghargaan atau hadiah jika dia sukses dalam melakukan sesuatu pekerjaan atau pada saat dia memperoleh nilai bagus dan berprestasi di sekolahnya. Orang tua seharusnya tanggap akan hal ini. Jangan segan-segan atau pelit memberikan penghargaan atau hadiah pada anak, misalnya buatkan makanan favoritnya, membelikan buku bacaan yang dia suka, ataupun membelikan mainan yang bermanfaat bagi perkembangannya.
3.      Memberikan Pujian
Sering-seringlah mengatakan kepada anak anda bahwa ia adalah anak yang pintar dan cerdas. Pujian yang tulus sangat penting bagia anak dari pada mengajarkan anak berbagai teknik berhitung. Mintalah pada orang sekitar dan gurunya untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar anak anda.
4.      Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan
Suasana belajar yang menyenangkan sangat dibutuhkan anak agar termotivasi dalam belajar. Orang tua harus kreatif dalam menciptakan kondisi yang menyenangkan dalam belajar anak agar anak tidak merasa bosan. Apabila anda mempunyai anak yang masih kecil, misalnya dalam belajar bahasa inggris orang tua bisa mengajak anak melihat film kartun ataupun lagu barat anak-anak yang berbahasa inggris, dengan catatan sambil dibimbing oleh orang tuanya. Suasana belajar yang menyenangkan merupakan syarat mutlak agar anak termotivasi dalam belajar.
5.      Memberikan Hukuman
Selain memberikan pujian dan penghargaan atau hadiah, orang tua juga perlu memberikan hukuman kepada anak yang melanggar tata tertib dalam belajar. Maksud dari memberikan hukuman disini bukan berarti menyakiti secara fisik namun orang tua memberikan proses pembentukan perilaku positif anak. Misalnya jika anak tidak mengerjakan PR, sebagai hukumannya anak disuruh bersih-bersih rumah, atau dikurangi uang jajan. Jadi hukuman harus terfokus pada pembentukan perilaku positif anak bukannya melampiaskan kemarahan orang tua, dengan adanya hukuman diharapkan agar anak lebih disiplin dan termotivasi dalam belajar.

Demikian artikel tentang 5 cara memotivasi belajar anak. Semoga bisa diterapkan dan dapat memberikan manfaat. Wassalam.

No comments: