Recent Posts

Monday, May 2, 2016

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Ms. Word



Langkah-langkah
1.       Buka sumber referensi yang ingin anda masukkan sebagai referensi.

2.       Arahkan kursor anda ke menu References, lalu klik [insert Citation] à [Add new source] yang artinya kita akan memasukkan referensi baru ke dal;m paragraph kita. Sehingga muncul gambar berikut. Isikan semua keterangan yang diminta sesuai dengan referensi yang anda gunakan.
3.       Untuk penulis yang lebih dari 1 orang, klik [Edit] dan masukkan nama-nama penulis dengan memasukkan first, middle dan last name dari penulis. Klik [Add] setiap kali anda selesai memasukkan nama penulis sampai semua nama penulis tercantum.



1.       Perhatikan gambar dibawah apabila anda men-klik [edit] pada Author. Dalam contoh telah dimasukkan 2 nama penulis.


Dan hasil akhir dari proses pengisian dapat dilihat pada gambar berikut:
Dan apabila proses sudah selesai, klik [OK] dan pada kursor anda akan secara otomatis tercantum referensi yang akan anda gunakan dengan format (penulis, tahun). Contoh

(Leemans & Destain, 2009)


Lakukan langkah ini setiap kali anda akan memasukkan referensi, sehingga semua referensi yang anda gunakan tersimpan dalam system.

Dan pada akhir penulisan, anda akan menuliskan daftar pustaka dari semua citation yang telah anda gunakan, lakukan langkah selanjutnya yaitu:
Pada bagian daftar pustaka,
Klik kembali menu [References]
Lalu klik [bibliography] à kemudian klik [insert bibliography]
Maka, secara otomatis semua sumber yang anda telah masukkan akan dituliskan dengan format yang memenuhi standar APA fifth STYLE.
Seperti contoh berikut:

Leemans, Vincent;. (2009). Ultrasonic internal defect detection in cheese. Journal of Food Engineering, 333–340.
Apabila ada kesalan dalam input data referensi, anda dapat kembali ke referensi yang anda gunakan dalam paragraph anda, dan klik [edit source]
Seperti gambar dibawah



Silahkan lakukan langkah ini untuk jenis referensi yang berbeda.
 Selamat Mencoba!!!


















No comments: