Recent Posts

Wednesday, July 13, 2016

Cara Membuat Nomor Halaman dengan Format yang Berbeda dalam Satu File Ms. Word

Mungkin cara ini sudah banyak yang tau namun ada baiknya saya bagikan lagi siapa tau ada yang lupa atau mungkin baru menemukan cara ini, sambil mengingat kembali pengalaman teman saya pada waktu mengerjakan skripsi dengan membagi file secara terpisah. Pada skripsi ataupun karya tulis ilmiah penomoran halaman memiliki format yang berbeda, pada setiap awal bab penomoran halaman terletak pada bottom dengan format nomor biasa (1,2,3..dst) sedangkan pada cover yg tidak memiliki nomor halaman, kemudian daftar isi, kata pengantar, daftar gambar/tabel yang biasanya diberi format nomor romawi (i ii iii iv dst). 
Oke langsung saja simak langkah-langkahnya:

1. Untuk membuat sebuah halaman yang memiliki nomor romawi, misalnya saja halaman judul, kata pengantar,daftar gambar/tabel dan daftar lampiran klik insert, pada group menu Header &Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2


Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page numbers. Pada number format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i (angka romawi 1. Sampai disini semua halaman menggunakan angka romawi kecil.

2. Untuk membuat halaman menjadi angka standart dan dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka harus dibuat section break. Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.

 
3. Klik ganda pada Footer / nomor halaman, pada ribbon design, group menu navigation, lalu nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut hingga tidak berwarna kuning lagi.



4. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers. Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.


Dengan berakhirnya proses itu maka halaman dokumen sudah berubah sesuai dengan yang anda inginkan. Skripsi ataupun karya tulis ilmiah akan tetap berada dalam satu file. Demikian cara membuat nomor halaman dengan format berbeda dalam satu file. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.







 

No comments: