Recent Posts

Saturday, July 9, 2016

Mengapa Harus Menulis?





Sumber ilustrasi: http://www.anneahira.com/membuat-animasi.htm
“Menulis” merupakan kata yang tidak asing kita dengar dan hampir setiap hari kita kerjakan. Mengapa harus menulis? Mungkin kita pernah berpikir bagaimana seandainya kita tidak menulis dan bahkan tidak bisa menulis. Tulisan ini saya tulis karena terinspirasi oleh pertanyaan anak saya yang masih berusia 3 tahun, pada saat saya menulis dia bertanya “mengapa mama harus menulis?” Saya pun kaget ketika mendengar pertanyaan anak saya, saya berpikir dari mana saya harus menjelaskan agar dia memahami sesuai dengan usianya. Pada kenyataannya pada usia ini dia sangat suka menulis (baca:corat coret). Mungkin pertanyaan serupa juga merupakan pertanyaan anda. Mengapa harus menulis?


Menulis merupakan suatu kegiatan menuangkan gagasan, ide, pikiran dan perasaan dalam bentuik tulisan dengan maksud agar pembaca dapat mengetahui dan memahami apa yang disampaikan penulis melalui tulisannya tersebut. Menulis adalah aktivitas yang mempunyai tujuan. Menurut pendapat saya tujuan menulis antara lain:
1.     Mendidik. Secara tidak langsung melalui tulisan yang ditulis dalam sebuah buku ataupun media cetak atau sosial, kita dapat memberikan wawasan dan pengetahuan, mengasah kecerdasan dan pada akhirnya akan menentukan sikap dan perilaku seseorang.
2.   Menghibur. Novel, cerita anak, kisah-kisah inspiratif atau cerita jenaka yang ditulis melalui bacan-bacaan ringan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi para pembaca, mungkin saja pada saat itu pembaca lagi sedih, dengan membaca cerita yang lucu maka suasana hati menjadi membaik dan akan semakin terhibur.
3.      Menyampaikan Berita atau Informasi. Para wartawan yang meliput berita akan memberikan tulisan yang informatif yang berasal dari wawancara-wawancara yang diselenggarakan dan diorganisasikan dengan baik. Pada akhirnya tulisan tersebut dimuat dalam koran, majalah atau media lainnya sebagai pemberi informasi terhadap suatu fakta yang terjadi.
4.     Melatih Keterampilan Berbahasa dengan Baik. Tujuan ini merupakan harapan guru kepada siswa dan siswi di sekolah. Dengan menulis akan dapat memperluas dan meningkatkan pertumbuhan kosa kata, meningkatkan kelancaran dalam menyusun kalimat dan akan mengembangkan kemampuan berbahasa dengan baik.
5.    Mempengaruhi atau Membujuk. Melalui tulisan kita dapat mempengaruhi dan mengajak pembaca apakah menyetujui dan mendukung apa yang dikemukakan penulis. Sebagai contoh sebuah perusahaan memasang iklan dengan tulisan-tulisan yang bersifat persuasif atau membujuk pada para pembaca untuk membeli produk mereka.
Demikian artikel tentang “Mengapa Harus Menulis?” Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran silahkan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.

No comments: