Recent Posts

Thursday, July 14, 2016

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak pada semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Kemajuan TIK menjadi salah satu tantangan eksternal dalam bidang pendidikan. Setiap orang dituntut untuk mampu mengikuti kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian juga bagi insan-insan yang berkecimpung di dunia pendidikan, khususnya para pendidik. Pendidik harus menguasai teknologi.


Dalam pemanfaatan teknologi untuk pengajaran, pendidik dapat menggunakan pengolah kata dan spreadsheet untuk menyiapkan bahan ajar, lembar kerja peserta didik, instrumen penilaian, simbol-simbol di
ruang kelas, poster, dan gambar. Kemampuan pendidik dalam menggunakan pengolah kata menjadikan pendidik mampu menyediakan dokumen-dokumen yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendidik dapat mengilustrasikan informasinya dengan gambar, bagan dan grafik. Selain itu harus diperhatikanketerlibatan peserta didik dalam menggunakan teknologi. Selama proses pembelajaran ketrampilan peserta didik dalam menggunakan teknologi harus terlatih. Penggunaan teknologi oleh peserta didik melalui pengolah kata, spreadsheet, basis data, pengajaran dengan bantuan komputer (CAI), program pengajaran pribadi, game pengajaran, simulasi, program penyelesaian masalah, internet, proyek multimedia, sistem pembelajaran terpadu, televisi pendidikan, dan papan tulis interaksi.

Sumber ilustrasi: http://kitkat45.blogspot.co.id/

Pendidik juga dapat menyajikan presentasinya secara profesional melalui slide. Presentasi dapat menggunakan multimedia seperti grafik, suara, animasi dan video clip yang menjadikan presentasi semakin memikat. Penggunaan internet juga akan mendukung pembelajaran yang dilakukan. Pendidik dapat memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan tugas administrasi, seperti pemberian nilai, pembuatan laporan, membuat catatan-catatan tentang peserta didiknya. Penggunaan surat elektronik memungkinkan pendidik lebih mudah berkomunikasi dengan pendidik lain, orang tua, komite, dan stake hoder lain.

Peran pendidik dalam merancang pembelajaran yang kreatif sangat diperlukan. Karena pendidik yang akan menggunakan  atau  memanfaatkan  teknologi  dalam  pembelajaran.   Adanya anggapan teknologi akan menggantikan pendidik dalam pembelajaran tidak mempunyai dasar. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan komputer dalam pembelajaran tidak memberikan dampak yang berarti apabila tidak dikelola secara efektif oleh pendidik. Pendidik akan menggunakan teknologi secara efektif sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran. Bukan pendidik digantikan oleh teknologi.

TIK sebagai alat bantu pembelajaran dapat berupa alat bantu mengajar bagi pendidik, alat bantu belajar bagi peserta didik, serta alat bantu interkasi antara pendidik dengan peserta didik.
Sumber: Panduan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD

Begitu pentingnya pemanfaatan TIK dalam pendidikan terutama pada pembelajaran di SD yang masih  bersifat abstrak sehingga dibutuhkan visualisasi dan berbagai animasi pembelajaran dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Demikian postingan saya pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Panduan Pemanfaatan TIk dalam Pembelajaran di Sd

No comments: