Recent Posts

Monday, July 18, 2016

Dampak Mengantarkan Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah

Senin, tanggal 18 Juli 2016 merupakan hari pertama masuk sekolah pada tahun pelajaran 2016/2017. Semua orang tua siswa sangat antusias mengantarkan anak-anak mereka khususnya bagi yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) karena Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi telah menerbitkan surat edaran tentang izin bagi pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah. Surat edaran itu menindaklanjuti surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang meminta orang tua mengantar anaknya di hari pertama sekolah. 

Sumber Foto: http://www.infonitas.com/megapolitan/orang-tua-mengantar-anak-sekolah-adalah-kewajiban/17955

Kegiatan mengantarkan anak di hari pertama sekolah merupakan sebuah moment yang paling penting dalam siklus kehidupan anak-anak. Hal ini akan dikenang anak dan akan menjadi proses pengenalan anak maupun orang tua dengan lingkungan sekolah. Dengan mengantarkan anak ke sekolah, para orang tua akan mengenal guru-guru serta kepala sekolah dan dapat membangun komunikasi yang baik. 

Kegiatan mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama merupakan bagian dari pendidikan yang terjalin dari rumah ke sekolah. Tiga pusat pendidikan yaitu rumah, sekolah dan lingkungan saling berkaitan dan memiliki pengaruh yang besar terhadap tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, ketika orang tua mengantarkan anak ke sekolah, sesungguhnya dia sangat berpengaruh bagi kehidupan anak kelak. Komunikasi orang tua dan guru sangat penting untuk keberhasilan pendidikan anak. 

Orang tua yang mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah memiliki dampak psikologis bagi anak. Anak akan merasa pengasuhan yang optimal dari orang tuanya dan ini menjadi fondasi yang baik dalam mewujudkan situasi belajar yang menyenangkan.Perkenalan dan komunikasi langsung antara guru dan orang tua dapat memberikan kesempatan bagi guru untuk memahami potensi anak. Dengan begitu, guru dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengasah hobi mereka  dengan lebih baik selama di sekolah.

No comments: