Recent Posts

Monday, July 18, 2016

Kelemahan dan Kelebihan Metode Diskusi



Pada postingan yang lalu saya telah berbagi tentang Peran Guru dalam Diskusi dan Langkah-Langkah Menjalankan Diskusi. Bagi bapak/ibu guru yang ingin menerapakan metode ini, ada baiknya mengetahui kelemahan dan kelebihan metode diskusi. Silahkan disimak beberapa kelemahan dan kelebihan metode diskusi sebagai berikut yang saya kutip dari Setyanto (2014):


Kelebihan dan kelemahan Metode Diskusi
a.       Kelemahan Metode Diskusi
1)  Penggunaan metode diskusi dalam wilayah pembelajaran memiliki kelemahan berupa sulit memprediksi hasilnya. Sebab, seluruh proses diskusi sangat bergantung pada kecakapan pemimpin diskusi serta partisipasi aktif peserta. Terkadang, metode diskusi dalam proses pembelajaran diwarnai monopoli atau dominasi dari siswa yang memiliki kecerdasan menonjol.
2)      Kelemahan lain darimetode diskusi ilaiah memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, metode ini tidak cocok untuk diterapkan pada semua topic. Sebab, diskusi hanya tepat digunakan untuk membahas hal-hal yang bersifat problematic. Hal yang paling menonjol dari kelemahan metode ini adalah ketika jumlah siswa dalam satu kelas sangat banyak, sebagian siswa cenderung enggan mengungkapkan pendapatnya karena menunggu temannya yang pandai untuk bersuara.
b.      Kelebihan Metode Diskusi
Dibalik kelemahannya, penerapan metode diskusi dalam wilayah pembelajaran memiliki sejumlah kelebihan.yaitu:
1)      Merangsang Kreativitas Siswa
Diskusi berguna memancing kreativitas siswa dalam bentuk ide, gagasan, inisiatif, serta terobosan baru dalam pemecahan masalah. Bahkan, diskusi dapat merangsang siswa untuk mengemukakan pendapatnya sendiri, menyetujui dan memperkuat pendapat teman atau bahakan mengoreksi opini peserta diskusi lainnya.
2)      Memperluas Wawasan Siswa
Diskusi menuangkan beberapa pengetahuan sekaligus dalam wilayah dan waktu yang sama sehingga ahuan pun menjadi semakin berkembang. Tidak hanya itu, dalam upaya memecahkan masalah, siswa dapat menemukan pencerahan atau inspirasi dari berbagai sumber. Disisi lain, melalui diskusi guru telah membantu siswa untuk mengembangakan musyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah.
3)      Mendorong Siswa untuk Selalu Bertanggung Jawab
Diskusi mengembangkan sikap tanggung jawab siswa terhadap pendapat, keputusan atau kesimpulan yang diambil. Selain itu, diskusi tidak hanya membutuhkan pengetahuan yang luas, tetapi juga kemampuan berbicara secara logis dan sistematis. Melalui diskusi, guru mengajarkan siswa untuk membiasakan berpikir secara cermat sebelum mengeluarkan pendapat, mengambil keputusan, serta menarik kesimpulan.

Sumber: Setyanto, Ardi. N. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar. Diva Pres:Yogyakarta



Demikian beberapa kelemahan dan kelebihan metode diskusi, semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin menerapkan metode diskusi dalam mengajar. Termia kasih dan semoga bermanfaat.

No comments: