Selamat malam rekan guru se-Indonesia. Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Tatap Muka dan Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Daring, Kali ini saya akan menyajikan daftar Istilah dan Akronim GuruPembelajar. Silahkan Lihat tabel daftar istilah/akronim beserta keterangannya.
| 
   
Istilah/Akronim 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
Admin Kelas  
 | 
  
   
Tenaga teknis yang ada di
  UPT, yang menangani LMS  
 | 
 
| 
   
Coorporate Social
  Responsibility (CSR)  
 | 
  
   
Tanggung jawab sosial dari
  perusahaan yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring  
 | 
 
| 
   
Dapodik GTK  
 | 
  
   
Data pokok pendidik yang ada
  di Direktorat GTK  
 | 
 
| 
   
Daring  
 | 
  
   
Dalam jaringan (internet) / online
   
 | 
 
| 
   
Difabel  
 | 
  
   
Orang yang memiliki kebutuhan
  khusus  
 | 
 
| 
   
Ditjen GTK  
 | 
  
   
Direktorat Jenderal Guru dan
  Tenaga Kependidikan  
 | 
 
| 
   
Efektifitas  
 | 
  
   
Suatu ukuran yang menyatakan
  seberapa jauh target  
 | 
 
| 
   
Admin Kelas  
 | 
  
   
Tenaga teknis yang ada di
  UPT, yang menangani LMS  
 | 
 
| 
   
Coorporate Social
  Responsibility (CSR)  
 | 
  
   
Tanggung jawab sosial dari perusahaan
  yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring  
 | 
 
| 
   
Dapodik GTK  
 | 
  
   
Data pokok pendidik yang ada
  di Direktorat GTK  
 | 
 
| 
   
Daring  
 | 
  
   
Dalam jaringan (internet) / online
   
 | 
 
| 
   
Difabel  
 | 
  
   
Orang yang memiliki kebutuhan
  khusus  
 | 
 
| 
   
Ditjen GTK  
 | 
  
   
Direktorat Jenderal Guru dan
  Tenaga Kependidikan  
 | 
 
| 
   
Efektifitas  
 | 
  
   
Suatu ukuran yang menyatakan
  seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai  
 | 
 
| 
   
Effect size  
 | 
  
   
Besarnya pengaruh proses
  pembelajaran terhadap capaian hasil belajar  
 | 
 
| 
   
E-portfolio  
 | 
  
   
Wadah di dalam LMS yang
  digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas  
 | 
 
| 
   
Guru Pembelajar moda
  daring kombinasi  
 | 
  
   
Model pembelajaran bagi guru
  secara daring dan tatap muka  
 | 
 
| 
   
Guru Pembelajar moda
  daring  
 | 
  
   
Model pembelajaran bagi guru
  yang dilakukan hanya secara daring  
 | 
 
| 
   
Guru Pembelajar moda
  daring – Model 1  
 | 
  
   
Model pembelajaran bagi guru
  yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu  
 | 
 
| 
   
Guru Pembelajar moda
  daring – Model 2  
 | 
  
   
Model pembelajaran bagi guru
  yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan
  mentor secara daring  
 | 
 
| 
   
Guru Pembelajar (GP)  
 | 
  
   
Program pembelajaran bagi
  guru sebagai salah satu peningkatan kompetensi 
 | 
 
| 
   
Interaksi asynchronous  
 | 
  
   
Interaksi yang terjadi pada
  waktu yang tidak bersamaan  
 | 
 
| 
   
Interaksi synchronous  
 | 
  
   
Interaksi yang terjadi pada
  waktu yang bersamaan  
 | 
 
| 
   
KCM  
 | 
  
   
Kriteria Capaian Minimal  
 | 
 
| 
   
Komunitas Pembelajar  
 | 
  
   
Sekelompok guru yang
  melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui  
diskusi, berbagi informasi,
  berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar  
 | 
 
| 
   
Konstruktivisme sosial  
 | 
  
   
Teori belajar yang memandang
  bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial  
 | 
 
| 
   
Koordinator Admin  
 | 
  
   
Tenaga teknis yang ada di
  UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin
  keberlangsungan pelaksanaan Guru Pembelajar moda daring  
 | 
 
| 
   
Learning Management
  System (LMS)  
 | 
  
   
Sistem manajemen pembelajaran
  secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard  
 | 
 
| 
   
Log activity  
 | 
  
   
Rekaman kegiatan dalam sistem
   
 | 
 
| 
   
Luring  
 | 
  
   
Luar jaringan (internet) /offline
   
 | 
 
| 
   
Mentor  
 | 
  
   
Guru yang membimbing peserta
  dalam Guru Pembelajar moda daring kombinasi  
 | 
 
| 
   
Pengampu  
 | 
  
   
Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur
  yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam Guru
  Pembelajar moda daring  
 | 
 
| 
   
Peserta  
 | 
  
   
Guru yang menjadi peserta
  Guru Pembelajar  
 | 
 
| 
   
PKG  
 | 
  
   
Penilaian Kinerja Guru  
 | 
 
| 
   
Pusat Belajar (PB)  
 | 
  
   
Tempat kegiatan pendampingan
  dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada Guru Pembelajar moda daring
  kombinasi  
 | 
 
| 
   
Refleksi  
 | 
  
   
Memikirkan ulang dan
  menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor
  pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses
  belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan
  rencana aksi tindak lanjut pembelajaran  
 | 
 
| 
   
Relevansi  
 | 
  
   
Kaitan atau hubungan antara
  kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat
  kerja  
 | 
 
| 
   
smiley face  
 | 
  
   
Instrumen untuk mengukur
  reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”  
 | 
 
| 
   
Surel  
 | 
  
   
Surat elektronik yang biasa
  dikenal dengan email  
 | 
 
| 
   
Tagihan  
 | 
  
   
Seluruh tugas yang harus
  diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah
  dan dibagikan ke pengampu dan atau  
mentor, tes sesi dan tes
  akhir.  
 | 
 
| 
   
t-test  
 | 
  
   
Uji statistik (parametrik) berdasarkan
  perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir,
  untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses
  pembelajaran  
 | 
 
| 
   
UKG  
 | 
  
   
Uji Kompetensi Guru  
 | 
 
| 
   
UPT  
 | 
  
   
Unit pelaksana teknis
  mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan Guru Pembelajar moda
  daring  
 | 
 
Sumber:
Kemdikbud. 2016 Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Moda Daring. Jakarta: Direktur Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan
Demikian postingan saya kali ini,
semoga bermanfaat khususnya bagi rekan guru calon guru pembelajar. Wassalam!

No comments:
Post a Comment