Selamat malam rekan guru se-Indonesia. Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Tatap Muka dan Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Daring, Kali ini saya akan menyajikan daftar Istilah dan Akronim GuruPembelajar. Silahkan Lihat tabel daftar istilah/akronim beserta keterangannya.
Istilah/Akronim
|
Keterangan
|
Admin Kelas
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS
|
Coorporate Social
Responsibility (CSR)
|
Tanggung jawab sosial dari
perusahaan yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring
|
Dapodik GTK
|
Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK
|
Daring
|
Dalam jaringan (internet) / online
|
Difabel
|
Orang yang memiliki kebutuhan
khusus
|
Ditjen GTK
|
Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan
|
Efektifitas
|
Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target
|
Admin Kelas
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS
|
Coorporate Social
Responsibility (CSR)
|
Tanggung jawab sosial dari perusahaan
yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring
|
Dapodik GTK
|
Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK
|
Daring
|
Dalam jaringan (internet) / online
|
Difabel
|
Orang yang memiliki kebutuhan
khusus
|
Ditjen GTK
|
Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan
|
Efektifitas
|
Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai
|
Effect size
|
Besarnya pengaruh proses
pembelajaran terhadap capaian hasil belajar
|
E-portfolio
|
Wadah di dalam LMS yang
digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas
|
Guru Pembelajar moda
daring kombinasi
|
Model pembelajaran bagi guru
secara daring dan tatap muka
|
Guru Pembelajar moda
daring
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring
|
Guru Pembelajar moda
daring – Model 1
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu
|
Guru Pembelajar moda
daring – Model 2
|
Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan
mentor secara daring
|
Guru Pembelajar (GP)
|
Program pembelajaran bagi
guru sebagai salah satu peningkatan kompetensi
|
Interaksi asynchronous
|
Interaksi yang terjadi pada
waktu yang tidak bersamaan
|
Interaksi synchronous
|
Interaksi yang terjadi pada
waktu yang bersamaan
|
KCM
|
Kriteria Capaian Minimal
|
Komunitas Pembelajar
|
Sekelompok guru yang
melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui
diskusi, berbagi informasi,
berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar
|
Konstruktivisme sosial
|
Teori belajar yang memandang
bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial
|
Koordinator Admin
|
Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin
keberlangsungan pelaksanaan Guru Pembelajar moda daring
|
Learning Management
System (LMS)
|
Sistem manajemen pembelajaran
secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard
|
Log activity
|
Rekaman kegiatan dalam sistem
|
Luring
|
Luar jaringan (internet) /offline
|
Mentor
|
Guru yang membimbing peserta
dalam Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
Pengampu
|
Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur
yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam Guru
Pembelajar moda daring
|
Peserta
|
Guru yang menjadi peserta
Guru Pembelajar
|
PKG
|
Penilaian Kinerja Guru
|
Pusat Belajar (PB)
|
Tempat kegiatan pendampingan
dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada Guru Pembelajar moda daring
kombinasi
|
Refleksi
|
Memikirkan ulang dan
menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor
pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses
belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan
rencana aksi tindak lanjut pembelajaran
|
Relevansi
|
Kaitan atau hubungan antara
kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat
kerja
|
smiley face
|
Instrumen untuk mengukur
reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”
|
Surel
|
Surat elektronik yang biasa
dikenal dengan email
|
Tagihan
|
Seluruh tugas yang harus
diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah
dan dibagikan ke pengampu dan atau
mentor, tes sesi dan tes
akhir.
|
t-test
|
Uji statistik (parametrik) berdasarkan
perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir,
untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses
pembelajaran
|
UKG
|
Uji Kompetensi Guru
|
UPT
|
Unit pelaksana teknis
mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan Guru Pembelajar moda
daring
|
Sumber:
Kemdikbud. 2016 Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Moda Daring. Jakarta: Direktur Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan
Demikian postingan saya kali ini,
semoga bermanfaat khususnya bagi rekan guru calon guru pembelajar. Wassalam!
No comments:
Post a Comment