Sebagaimana telah disebutkan pada
postingan tentang Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar/Mentor JenjangSD, peningkatan kompetensi Guru Pembelajar dilaksanakan dalam 3 (tiga) moda,
yaitu tatap muka, daring dan daring kombinasi. Petunjuk teknis ini dibuat
khusus untuk Guru Pembelajar moda daring dan daring kombinasi.
Pendekatan pembelajaran pada Guru
Pembelajar moda daring memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Menuntut pembelajar untuk
membangun dan menciptakan pengetahuan secara mandiri (constructivism);
2. Pembelajar akan berkolaborasi
dengan pembelajar lain dalam membangun pengetahuannya dan memecahkan masalah
secara bersama-sama (social constructivism);
3. Membentuk suatu komunitas pembelajar (community
of learners) yang inklusif;
4. Memanfaatkan media laman (website)
yang bisa diakses melalui internet, pembelajaran berbasis komputer, kelas
virtual, dan atau kelas digital;
5. Interaktivitas, kemandirian,
aksesibilitas, dan pengayaan;
Gambaran umum dari setiap model
pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring sebagai berikut.
1. Guru Pembelajar Moda Daring
Melalui moda ini, peserta
memiliki keleluasaan waktu belajar. Peserta dapat belajar kapanpun dan
dimanapun, sehingga tidak perlu meninggalkan kewajibannya sebagai guru dalam
mendidik.
Peserta dapat
berinteraksi dengan pengampu/mentor secara synchronous – interaksi
belajar pada waktu yang bersamaan seperti dengan menggunakan video
converence, telepon atau live chat, maupun asynchronous –
interaksi belajar pada waktu yang tidak bersamaan melalui kegiatan pembelajaran
yang telah disediakan secara elektronik.
Dalam pelaksanaan moda daring,
dikembangkan dua model sebagai berikut.
a. Model 1
Pembelajaran
Guru Pembelajar pada model ini hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai
peserta. Dengan memanfaatkan TIK, peserta secara penuh melakukan pembelajaran
daring dengan mengakses dan mempelajari bahan ajar, mengerjakan latihan-latihan
(tugas), berdiskusi dan berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan peserta
Guru Pembelajar lainnya. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan
difasilitasi secara daring oleh pengampu, seperti pada Gambar berikut.
Sumber foto: Kemdikbud 2016 |
b. Model 2
Pembelajaran pada Guru Pembelajar
moda daring – Model 2 melibatkan pengampu, mentor dan peserta. Guru Pembelajar
moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan
atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring, dengan model pembimbingan
seperti pada Gambar berikut:
Interaksi Pengampu – Mentor:
Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
Interaksi Mentor –
Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara
daring.
Interaksi Pengampu –
Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring
2. Guru
Pembelajar Moda Daring Kombinasi
Pada moda
kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap
muka. Interaksi belajar daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik,
dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka
dilaksanakan bersamaan dengan peserta Guru Pembelajar lainnya di pusat belajar
(PB) yang telah ditetapkan (dijelaskan di Bab II pada sub bab D) dan
difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi dapat dilihat
pada Gambar berikut.
Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi
dengan mentor secara daring.
Interaksi
Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan
peserta secara daring dan luring.
Interaksi Pengampu – Peserta:
Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring.
Pertemuan tatap muka dilaksanakan
sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor.
Sumber: Kemdikbud. 2016 Petunjuk Teknis
Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Daring. Jakarta: Direktur
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan
Demikian petunjuk teknis guru
pembelajar dengan moda daring. Semoga dengan adanya artikel ini dapat
memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan program guru pembelajar moda daring. Wassalam!
No comments:
Post a Comment