Recent Posts

Sunday, July 17, 2016

Langkah-Langkah Menjalankan Diskusi




Sumber Foto: http://semestamengajar.blogspot.co.id/2015/06/5-langkah-melaksanakan-diskusi-di-kelas.html
Pada postingan beberapa hari yang lalu saya telah berbagi tentang Peran Guru dalam Diskusi. Kali ini saya akan membagikan langkah-langkah menjalankan diskusi.

Guru harus mengetahui langkah-langkah yang benar dalam menjalankan diskusi. Sebab hal ini menentukan kesuksesan atau kegagalan metode pembelajaran tersebut.Adapun langkah-langkah diskusi dijelaskan dalam urutan berikut ini.
a.       Mempersiapkan atau Merencanakan Diskusi
Melalui penyusunan rencana diskusi, guru dapat menentukan tema, mengarahkan peserta, serta menetapkan target atau tujuan dari pelaksanaan diskusi.
b.      Pelaksanaan Diskusi
Dalam pelaksanaan diskusi, guru dapat membuat beberapa kelompok dan membagi tugas para siswa. Hal yang tidak boleh dilupakan guru ialah merangsang siswa untuk berpartisipasi mengutarakan pendapat atau mengajukan pertanyaan, mencatat ide-ide yang dianggap penting, serta menciptakan suasana kondusif.
c.       Mengevaluasi Jalannya Diskusi
Sebuah diskusi dilakukan guru dengan tujuan menciptkan pembelajaran yang mudah dipahami serta mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan suatu masalah. Oleh karena itu, diskusi sebaiknya diakhiri dengan membuat kesimpulan, membacakan kembali hasil diskusi, serta meluruskan pernyataan yang keliru. Hal yang tidak kalah penting ialah mengevaluasi atau membuat penilaian terhadap pelaksanaan diskusi. Evaluasi ini dijadikan bahan pertimbangan dan perbaikan dalam pelaksanaan diskusi selanjutnya.

Demikian postingan saya kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Sumber: Setyanto, Ardi. N. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar. Diva Pres:Yogyakarta

 

No comments: